.

Selasa, 17 November 2015

0 komentar 07.27

Workshop Dompet Kunci dari Bekas Kotak Susu

Posted by YNa - Filed under , ,
Sudah sejak lama saya ingin mencoba membuat sesuatu dari kotak susu bekas. Makanya saya selalu menyimpan bekas kotak susu itu. Kotak susu yang dimaksud adalah kemasan kotak susu cair atau kotak jus dengan ukuran besar. Mendapat banyak informasi dan sharing dari teman-teman crafter yang sudah mencobanya, menghasilkan karya seperti dompet koin, hang tag, dompet uang kertas, cover buku dan lainnya. Menarik sekali, karena jenis karya ini selain bisa mendaur ulang barang bekas, juga prosesnya yang tanpa dijahit. Bisa lebih simple pengerjaannya.




Pada jadwal workshop komunitas Grup Nong Banten Crafter bulan Oktober 2015 lalu, saya diminta menjadi tutor untuk membuat Dompet Kunci dari Bekas Kotak Susu. Sebelumnya saya pernah membuat dompet kunci dari kain yang dijahit. Tapi karena banyak peserta workshop yang belum punya mesin jahit, akhirnya saya ingat dengan kotak-kotak susu yang sudah tersimpan lama itu. Mulailah saya googling cara pembuatan dompet kunci dari kotak susu. Dan saya mendapatkan caranya via youtube, mengetahui proses atau tahapan kerjanya. Baru setelah itu saya mencoba membuat pola sendiri dan menguji cobanya. Pada pola yang ke-3 saya baru merasa pas dan memulai menyiapkan bahan dan alat-alat untuk peserta workshop.




Selain bekas kotak susu, bahan yang diperlukan adalah kain katun aneka motif sesuai selera. Lebih baik menggunakan katun yang tidak tipis atau menerawang. Dengan katun jepang atau katun twill hasilnya akan lebih bagus. Lalu berbagai peralatan pendukung utama seperti lem, gunting kain, jepitan besi, penggaris, kuas dll. Dan karena model dompet kuncinya menggunakan kancing jepret (snap button) dan gantungan kunci 4 kait, maka diperlukan juga alat untuk memasangnya.


Workshop diikuti oleh 7 peserta dari rencana 15 orang yang berminat. 8 orang yang tidak bisa hadir melakukan workshop di hari lain secara privat, datang ke rumah. Senang bisa berbagi ilmu dan semoga bermanfaat ya :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Hi all, thanks a lot for your comment :)