Sabtu, 17 Mei 2014

Belajar Ikutan Bazar

Beberapa kali mengunjungi bazar atau pameran craft dan melihat stand para crafter, lalu muncul motivasi saya tuk suatu saat nanti bisa ikutan bazar juga. Alhamdulillah setelah membentuk grup 'Nong Bafter' bersama teman-teman crafter, saya pun bisa mewujudkan impian itu. Ikutan bazar memasarkan dan mengenalkan produk craft ke masyarakat, meski tingkatannya masih bazar sekolah di wilayah tempat tinggal saya. Sangat saya syukuri, karena banyak pengalaman berharga saya dapatkan :)
bazar outdoor di pembukaan pendaftaran di sebuah sekolah dasar
Pengalaman apa aja? Yang pasti belajar berjualan secara langsung. Melihat reaksi berbagai orang yg suka maupun kurang suka dgn produk craft. Istilahnya melihat pasar atau minat. Setiap lokasi bazar akan berbeda hasilnya. Nah tuk lokasi dan event jg penting disesuaikan dgn produk craft yg mau dipasarkan. Mesti detail untuk tahu tempat seperti apa, acara n waktunya gimana, apa aja yg kita dapetin trus bagaimana dgn pengisi stand lainnya. Apakah produk mereka serupa, craft juga atau lebih banyak makanan n minuman :D
bazar outdoor di pembukaan pendaftaran di sebuah sekolah taman kanak-kanak. dapet 2 meja tapi kecil dan pendek. tempat duduk juga bangku tuk anak tk :D
Jadi jangan sampai karena terlalu semangat ikut bazar, jd setiap ada bazar yg sewanya murah misalnya, kita langsung ikut. Ya kalau mau tuk jadi pengalaman sih bisa saja, tapi harus siap dgn segala resikonya ya ;)
bazar indoor di acara pelepasan siswa sma. dapet meja yg sudah dihias
Apalagi kalau bazarnya bersama teman atau team yg ga cuma satu orang dgn beragam karyanya. Mesti jelas aturan mainnya. Iuran, display, kerja dan jaga stand. Pokoknya ekstra kerja keras sebenarnya kalau bazar barengan.

Ikut bazar ternyata penuh perjuangan dari mulai siapkan produk untuk stock, bawa semua perlengkapan ke lokasi, display barang, jagain dan jualan, beresin lagi, trus rekap. Fiuhh! Tapiiii apapun itu, saya menikmati prosesnya. Bersyukur bgt, dapetin penghasilan sesuai dgn hati dan hobi, kerja keras juga caranya halal, amiiin :)

2 komentar:

  1. Mb mau tanya,saya baru 2th domisili cilegon.nyari2 perkumpulan crafter.nong banten crafter ini bisa saya temui dimana?via fb adakah?kalau boleh minta kontaknya mb.saya belum punya blog.makasih.

    BalasHapus
  2. ada via fb mba, ini link-nya: https://www.facebook.com/groups/nongbafter

    BalasHapus

Hi all, thanks a lot for your comment :)